Anjungan Cerdas Akan Dibangun Dukung KSPN Borobudur

KSPN Borobudur. (Foto : Pemkab Magelang)

Magelang (wartapurworejo.com) Ada empat gerbang wisata yang dibangun dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, yaitu Gerbang Singa di Palbapang Mungkid, Gerbang Gajah di Kembanglimus Borobudur, Gerbang Kalpataru di Blondo Mungkid dan Gerbang Samudera Raksa (Kapal Pinisi) di Klangon perbatasan Kulonprogo dan Kecamatan Ngluwar. Selain itu, dalam waktu dekat juga akan dibangun Anjungan Cerdas di Palbapang Mungkid. 

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jateng pada Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, mengungkapkan saat ini sedang dilaksanakan penyusunan desain bangunan tersebut. 

“Saat ini sedang dalam proses penyusunan desain di pusat, Direktorat PKP, Ditjen Cipta Karya,” ucap Singgih, dikutip dari laman resmi Pemkab Magelang Kamis (25/2/2021).

Lokasi Anjungan Cerdas, menurut Singgih berada di sekitar Gerbang Singa Palbapang Mungkid, namun posisi tepatnya masih belum dapat dipastikan. 

“Rencana tidak jauh dari Gerbang Singa Palbapang, namun juga masih belum fix, apakah persis di perempatan, atau agak geser, karena masih dalam proses desain,” terang Singgih. 

Anjungan Cerdas akan dipergunakan untuk berbagai keperluan mendukung pariwisata. Terlebih di Palbapang rencana akan dijadikan jalan keluar tol. 

“Yang saya ketahui Anjungan Cerdas menjadi pusat perdagangan dan simpul transportasi, barangkali akan dilengkapi informasi juga,” kata Singgih. (Naz-02)

Mungkin Anda juga menyukai