Disdikbud Karanganyar Optimalkan Home Visit

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, Tarsa saat memberikan keterangan kepada wartawan. (foto Iwan).

Karanganyar (wartapurworejo.com)
Proses pembelajaran ditengah pandemi Covid-19 banyak yang melalui online, ada juga dilakukan dengan kunjungan guru ke rumah siswa.

Hal ini dilakukan, selain untuk memberikan dorongan semnagat, juga untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Untuk itu, kunjungan guru ke rumah siswa (home visit) terus dilakukan selama pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Tarsa mengatakan, home visit ini tetap diterapkan karena hanya berhubungan dengan peserta didik dengan meneraapkan seleuruh protokol kesehatan.

“ Home visit kan tidak skala besar dan tidak setiap hari dilakukan. Fokus utama proses pembelajaran ditengah pandemi Covid-19 ini tetap dengan pembelajaran jarak jauh melalui online serta siaran radio,” ujarnya Senin (2/11/2020).

Dikatakan Tarsa, dalam proses pembelajaran melalui online ini, dituntut kreatifitas para guru, sehingga peserta didik juga tidak mengalami kejenuhan.

“ Guru harus kreatif. Sama halnya dengan pembelajaran dengan tatap muka, maka guru memiliki metode sendiri dalam menyampaikan materi agar mudah diterima peserta didik,” jelasnya.

Sementara, terkait dengan sejumlah guru yang menghentikan kegiatan home visit karena khawatir terkena dampak penyebaran Covid-19, Tarsa menjelaskan, untuk daerah rawan, pihaknya mengentikan sementara waktu kegiatan home visit, sedangkan wilayah yang masih aman, tetap dilanjutkan.

“ Untuk lingkungan yang terdampak Covid-19 kita hentikan,” tegasnya.

Anggota Komisi DPRD Karanganyar, Endang Muryani menegaskan, home visit masih perlu dilanjutkan, karena secara tidak langsung akan memberikan semangat balajar bagi anak didik.

“ Pelaksanaan kegiatan home visit tentu saja dengan penerapan protokol kesehatand engan ketat. Mulai dair pemeriksaan suhu tubuh bagi guru yg datang dan siswa yg terlibat dalam kegiatan tersebut, menggunakan masker, serta mengatur jarak,” tandasnya. (Iwan-02)

Mungkin Anda juga menyukai