DPRD Kebumen Dorong Peternak Sapi Bentuk Koperasi

Anggota DPRD Kebumen Bambang Suparjo. (Foto : Hafied)

Kebumen (wartapurworejo.com) – Memelihara sapi bagi masyarakat wilayah pesisir selatan Kebumen ibarat menjadi suatu keharusan. Hampir di setiap rumah terlihat memiliki hewan ternak berupa sapi.

Guna mengembangkan potensi itu, Anggota DPRD Kebumen, Bambang Suparjo mendorong agar masyarakat yang memelihara sapi khususnya di Kecamatan Mirit dapat membentuk suatu badan usaha berupa Koperasi.

“Saya berharap Wiromartan menjadi leadingsektor yang strategis. Mari kita memajukan ekonomi bersama melalui koperasi ternak ini,” ujarnya saat Reses DPRD Kebumen Masa Persidangan III Tahun 2020 di Rest Area Jalan Deandles Mirit, Jumat, (2/10/2020).

Menurut Bambang, selain pendapatan mayoritas masyarakat pesisir selatan Kebumen bergantung pada sektor pertanian dan perikanan. Untuk itu, koperasi dinilai mampu menjadi pilar penggerak roda perekonomian masyarakat karena berdasar asas kekeluargaan.

“Koperasi ini dari kita untuk kita, jadi enak. Kalau sudah punya wadah secara legal formal kedepan program jadi lebih mudah,” tambahnya.

Bambang yang berangkat dari Dapil VII (Kecamatan Mirit, Bonorowo, Mirit, Padureso dan Prembun) menjelaskan, koperasi dikenal karena prinsip yang diterapkan berbeda dengan badan usaha lain karena keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka. Selain itu pengelolaan akan dilakukan secara demokratis dan mandiri.

“Artinya pengelolaan koperasi harus dilakukan atas kehendak dan keputusan para anggota. Disini, anggota koperasi memegang dan melaksanakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi,” tuturnya.

Terbentuknya koperasi, kata Bambang, maka anggota koperasi lebih berupaya meningkatkan kualitas dan nilai jual, memiliki bargaining serta menjamin kontrol harga pasar.

“Pada dasarnya, modal dalam suatu koperasi dipergunakan untuk kemanfaatan anggota, bukan sekedar mencari keuntungan,” ucap Anggota Komisi C DPRD Kebumen tersebut.

Reses yang di hadiri empat kepala desa di Kecamatan Mirit serta sejumlah masyarakat. Bambang mengatakan, dirinya bersedia memfasilitasi pembentukan koperasi kepada instansi terkait.

“Nanti kita undang dinas yang membidangi, kita konsultasikan apa saja yang memang harus dibutuhkan,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Cokro Aminoto menyambut baik konsep yang disampaikan Bambang Suparjo. Mengingat salah satu potensi yang ada di Kecamatan Mirit yakni penggemukan sapi.

“Saya mendukung sekali apa yang disampaikan pak Bambang Suparjo. Karena dapat mengembangkan potensi yang ada. Merawat sapi disini seperti merawat bayi jadi sudah terbiasa,” katanya. (Hafied-02)

Mungkin Anda juga menyukai