Pasar Menoreh Buka Kembali 11 Oktober

Kepala Desa Sedayu Ahmad Said di Pasar Menoreh

Purworejo (wartapurworejo)- Setelah beberapa bulan tutup akibat pandemi Covid-19, destinasi wisata digital Pasar Menoreh di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, akan dibuka pada 11 Oktober mendatang.

Saat ini pengelola bersama pemerintah desa tengah membenahi berbagai fasilitas dan akan dilengkapi dengan perangkat protokol kesehatan.

Kepala Desa (Kades) Sedayu, Ahmad Said SPd, mengatakan, revitalisasi dimulai September hingga awal Oktober, dengan dana Rp 60 juta dari Badan Otorita Borobudur (BOB).

“Insya Allah, 11 Oktober bisa kembali buka dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Ahmad Said.

Setelah revitalisasi, Pasar Menoreh akan kembali beraktivitas dengan tampilan baru yang lebih representatif dan instagramable.

Semua dibenahi, seperti pintu gerbang, taman, toilet, gazebo pedagang, wahana permainan, dan panggung kesenian.

Sejumlah titik juga dilengkapi dengan tempat cuci tangan serta pendukung protokol kesehatan lainnya.


“Wastafel ada lima titik. Selain tampilan, aturan pedagang dan pengunjung juga akan berubah disesuaikan dengan standar protokol kesehatan,” sebutnya.

Terkait waktu kunjungan tetap sama dengan sebelum pandemi, yakni setiap hari Minggu mulai pukul 13.00 WIB sampai menjelang petang. Selama ini ada sekitar 20 lapak pedagang yang siap melayani pengunjung dengan aneka kuliner tradisonal khas Purworejo.

Menurut Said, sejak diresmikan oleh Menteri Pariwisata pada 14 Februari 2019, keberadaan Pasar Menoreh cukup menyedot perhatian masyarakat dengan tingkat kunjungan yang semakin meningkat.

Pihaknya optimis Pasar Menoreh kian mendukung Desa Sedayu sebagai desa penyangga BOB. Terlebih, akses jalan desa yang menghubungkan Pasar Menoreh menuju Glamping De Loano saat ini telah digarap dan hampir rampung oleh TNI bersama warga dalam program TMMD ke-109.

“Kalau jalan cor blok sepanjang 1.665 meter dengan lebar 4 meter yang sedang digarap ini selesai, jalur Pasar Menoreh ke Glamping akan sangat mudah. Pasar Menoreh ini akan menjadi paket wisata menarik di sekitar kawasan BOB,” tandasnya. (Utami-04)

Mungkin Anda juga menyukai