Penanganan Tanggul Jebol yang Merendam Empat Desa di Kebumen Capai 92 Persen

Warga sedang membenahi tanggul jebol Sungai Telomoyo di Desa Madurejo, Kecamatan Puring. (Foto : Hafied)

Kebumen (wartapurworejo.com) – Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kebumen melaporkan progres pengerjaan tanggul jebol Sungai Telomoyo di Desa Madurejo, Kecamatan Puring telah mencapai 92 persen.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Teguh Kristiyanto menyampaikan, memasuki hari ke 13 pengerjaan tanggul, petugas dari lintas sektoral masih terus fokus pada penyelesaian tanggul jebol yang mengakibatkan empat desa di Kecamatan Puring terendam banjir.

“Volume Pemasangan bronjong samapai hari sudah terpasang 174  kubik atau 92% pengerjaan. Pemindahan sanbag berisi tanah ke lokasi jebolan sampai hari ini kurang lebih sudah 8.900 sanbag pemindahan menggunakan,” katanya, Selasa (11/10/2020).

Teguh menjelaskan, penanganan tanggul jebol juga melibatkan warga setempat. Seperti didapati dari hasil kerja bakti bersama warga, sebanyak 500 Sanbag dan 10 geobag telah terisi sedikitnya 1 kubik tanah.

“Sejumlah kurang lebih sebanyak 125 orang. Pemasangan bronjong di bantu oleh tim teknis bronjong 8% lagi,” sebutnya.

Seperti diketahui, tanggul Sungai Telomoyo jebol pada Senin (26/20) pasca sebagian besar wilayah Kebumen diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama dua hari. Luapan sungai tersebut menggennagi empat desa meliputi Desa Madurejo, Desa Sidobunder, Desa Purwodadi, Desa Sidodadi. Sedikitnya 2.185 jiwa terdampak banjir akibat tanggul jebol selebar 50 meter. (Hafied-02)

Mungkin Anda juga menyukai