Oleh-oleh Khas Purworejo, Kripik Kopi Robusta

Isnaini Maryam memproduksi kripik kopi robusta di di Perumahan Cangkrep, Purworejo. (ANTV)

Purworejo (wartapurworejo.com) – Untuk mengangkat kearifan lokal sekaligus memperkenalkan cita rasa kopi robusta khas Purworejo, seorang pengusahaha industri rumahan di Perumahan Cangkrep, Purworejo menciptakan oleh-oleh khas yang baru.

Kreasi baru ini berupa camilan kripik berbahan dasar bubuk kopi robusta. Selain biasa disajikan dengan cara diseduh menjadi minuman lezat, ternyata di tangan Isnaini Maryam, kopi bisa dikonsumsi dengan cara yang berbeda.

Industri rumahan kripik kopi ini sudah dirintis seorang dosen sebuah perguruan tinggi swasta di Purworejo ini, sejak tahun 2018 lalu.

Berawal dari kegemarannya minum kopi, terbesit dalam benaknya untuk membuat camilan menemaninya “ngopi“ setiap harinya.

“Ternyata respons spositif datang sejumlah kalangan yang mencicipi camilan renyah ini,” ungkap Isnaini Maryam seperti dilansir antvklik.com.

Ibu dari tiga anak ini, akhirnya memutuskan untuk membuat dan menjual kripik kopi ke pasaran.

Mengolah kopi sebagai bahan dasar kripik tidak membutuhkan proses rumit. Pembuatannya tak ubahnya seperti membuat kripik lainnya, mulai mengolah biji kopi menjadi bubuk, membuat adonan, menggoreng, hingga mengemasnya secara menarik.

Siapa sangka, kripik kopi rumahan ini mampu menembus pasar sejumlah kota di Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.

Selain untuk dikonsumsi sendiri, biasanya kripik kopi yang dipesan dan dipasarkan melalui berbagai macam platform media sosial ini disajikan sejumlah kafe sebagai salah satu menu pilihan camilan saat para pelanggan menikmati minum kopi. (Moh-04)

Mungkin Anda juga menyukai