Purworejo Target Ratusan Swab Test Seminggu

Pjs Bupati Purworejo Yuni Astuti menerima kunjungan Team Task Force Kemenkes. (Foto : Hafied)

Purworejo, (wartapurworejo.com) – Pemerintah Kabupaten Purworejo terus berupaya menekan laju pertumbuhan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Salah satu yang dilakukan menarget sebanyak 721 pemeriksaan specimen melalui swab test dalam seminggu.

“Mudah-mudahan dengan kerja keras seluruh pemangku kepentingan dan partisipasi seluruh warga masyarakat, termasuk dukungan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, pandemi Covid-19 di Kabupaten Purworejo bisa segera teratasi,” terang Pjs Bupati Purworejo Yuni Astuti saat menerima rombongan Team Task Force Kemenkes, di Ruang Arahiwang Setda, Kamis (1/10/2020).

Perlakuan itu dilakukan tak lain agar penyebaran Covid-19 semakin terdeteksi. Pemkab Purworejo melalui Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo juga akan terus sosialisasi secara massif tentang protokol kesehatan serta menggencarkan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan Covid-19 di sejumlah area publik.

“Terdapat 1.763 pelanggar, terdiri 1058 pelanggar dikenai sanksi  administrasi dan 705 pelanggar dikenai sanksi sosial,” ujarnya.

Pemkab juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, agar rangkaian pelaksanaan pilkada serentak dapat terlaksana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada kesempatan itu, Team Task Force Kemenkes yang dipimpin Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyatno SpB MARS menyampaikan, pasien yang diketahui tanpa gejala agar dapat melakukan isolasi secara mandiri.

Baik isolasi mandiri di rumah atau di wisma khusus yang disediakan Pemda. Sehingga rumah sakit tidak penuh ketika kasus pasien tanpa gejala meningkat.

“Mohon Purworejo tetap bisa mengikuti protokol kesehatan yang ada dalam buku panduan dari pusat, sehingga terjadi relaksasi rumah sakit karena tidak harus merawat pasien yang tanpa gejala,” jelas Jajang selaku Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan. (Hafied-02)

Mungkin Anda juga menyukai