Ratusan Santri di Kebumen Terbebas dari Covid-19

Santri Pesantren Nurul Hidayah tunduk syukur atas kesembuhan terpapar Covid-19. (Foto : Hafied)

Kebumen, (wartapurworejo.com) – Keluarga besar Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung Kecamatan Kebumen akhirnya bernafas lega pasca ratusan santri dinyatakan sembuh dari virus mematikan Covid-19.

Setelah menjalani masa karantina dua kali masa inkubasi atau kurang lebih 21 hari. Para santri yang terpapar Covid- 19 dinyatakan telah selesai pemantauan dan semua dalam kondisi sehat.

“Sesuai petunjuk WHO kami tidak dilakukan swab ulang, namun kami akan terus menerus lakukan pemantauan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, dr Budi Satrio, Kamis (15/10/2020).

Tunduk syukur pun dilakukan seluruh santri di halaman pesantren usai dilaksanakan deklarasi selesai pemantauan Covid-19 yang juga ditandai dengan pembukaan gerbang portal penjagaan gerbang ponpes.

Disampaikan Budi Satrio, sesuai dengan petunjuk WHO pihaknya tidak melakukan SWAB ulang kepada para santri. Namun begitu, pemantauan kesehatan secara ketat akan tetap dilakukan agar tidak ada lagi temuan kasus baru.

“Tetap terapkan kebiasaan baru untuk mencegah penularan Covid-19, seperti rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun menggunakan masker saat beraktivitas keluar rumah serta menjaga jarak aman,” terang Budi didampingi Kepala UPT Puskesmas Kebumen 1 Yamoto serta Camat dan Kepala Desa setempat.

Sementara itu dijelaskan Kepala UPTD Kebumen 1 Yamoto juga menjelaskan, pihaknya akan terus memantau perkembangan kesehatan para santri dengan membuat pos kesehatan pesantren.

“Kami akan membuat pos kesehatan pesantren sehingga kesehatan santri akan terus terpantau.” tegasnya. (Hafied-02)

Mungkin Anda juga menyukai