TMMD Mewujudkan Masyarakat Adil, Makmur Dan Sejahtera

Program TMMD di Kabupaten Brebes. (Foto : ist)

Brebes (wartapurworejo.com) – Usai pelaksanaan program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes di Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tidak lekas kemudian membuat semua kegiatan masyarakat selesai.

Justru dengan dibangunnya berbagai infrastruktur semakin mendukung potensi wisata di tempat tersebut untuk menjadi lebih maju.

Potensi wisata itu adalah Eduwisata Padang Penggembalaan Ternak Maribaya, di Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu.

Tempat ini merupakan aset Pemkab Brebes yang dikelola Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes. Terdapat 110 ekor sapi Jabres, dimana 10 ekor yang saat ini menjadi indukan berasal dari bantuan Kementerian Pertanian RI tahun 2016, dan 78 ekor bantuan Pemkab Brebes melalui APBD secara bertahap dari tahun 2017-2019.

Dengan memberdayakan masyarakat setempat dan sekitarnya mereka bisa melakukan penangkaran sapi Jabres (Jawa Brebes) melalui sistem gembala di lahan seluas 104 hektar.

Tidak hanya itu bersebelahan dengan lahan tersebut juga ada lahan seluas 250 hektar untuk dikembangkan menjadi agrowisata pertanian terpadu dengan memberdayakan 150 KK pra sejahtera.

Padang gembala yang diklaim menjadi satu-satunya di Jawa Tengah ini tentunya bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain yang terdapat lahan luas namun belum dimanfaatkan secara maksimal terutama untuk memperkuat ketahanan pangan.

Kini semua pihak terkait menjadi lebih optimis setelah infrastruktur jalan sepanjang 2,2 kilometer selesai dibangun melalui program TMMD Reguler 109 sehingga akses ke lokasi semakin mudah. Diharapkan dengan dukungan tersebut semakin banyak pengunjung yang menjangkau dan mengenal tempat wisata itu sehingga perekonomian warga menjadi sejahtera.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P. Jumat (23/10/2020) mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur jalan pastinya akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Infrastruktur jalan menjadikan berbagai alat transportasi  bisa digunakan sehingga membantu  masyarakat mendukung aktifitas sehari-hari baik untuk tujuan-tujuan sosial maupun ekonomi.

“Dampak positif dari pembangunan jalan di TMMD itu menjadikan terbukanya akses jalan yang  sebelumnya terbatas. Tujuan mulia yang ingin dicapai dari pembangunan infrastruktur melalui program TMMD Reguler 109 ini adalah mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera” ungkap Kapendam.Mari Bersama Kita Rawat, Jaga dan Cintai Lingkungan Kita. (Naz-02)

Mungkin Anda juga menyukai