Unik, Warga Tak Pakai Masker di Kebumen Dihipnotis Polisi

Kapolres dan maskot Satlantas Polres Kebumen saat melakukan operasi yustisi. (Foto : Utami)

Kebumen (wartapurworejo.com) – Berbagai upaya dilakukan Polres Kebumen untuk menekan angka positif covid-19. 

Sebagai bagian dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kebumen, Polres Kebumen tidak bisa hanya tinggal diam menunggu kasus positif turun.

Ada beberapa cara dilakukan agar  masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang dilakukan oleh Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, saat kegiatan operasi yustisi.

Ia memberikan sanksi sosial kepada mereka yang kedapatan tidak mengenakan masker. “Tujuannya agar mereka lebih peduli terhadap kesehatan dirinya dan orang lain,” kata AKBP Rudy di sela-sela kegiatan Jumat (2/10/2020).

Sanksi sosialnya pun unik, tidsk disuruh menyanyi atau menghafal Pancasila, tapi diberikan self hipnosis. Yakni para pelanggar diterapi dengan memberikan sugesti kepada si pelanggar dengan kalimat afirmasi positif.

“Mudah-mudahan ini efektif. Sudah kita terapkan pada beberapa kegiatan operasi yustisi. Kalimat afirmasinya berupa, saya akan pakai masker. Pelanggar berjanji pada dirinya sendiri,” tuturnya.

Diketahui bersama, AKBP Rudy kerap menggunakan metode hipnosis atau hipnoterapi dalam berbagai penanganan kasus Pidana di Polres Kebumen.

Menurut AKBP Rudy, cara ini sangat efektif karena menjalin komunikasi dengan sukarela, nyaman dan memberdayakan diri objek tersebut. (Utami-02)

Mungkin Anda juga menyukai